Senin, 23 November 2009

Cara Membuat Navigasi Dalam Blog

Memudahkan cara pembaca blog kita dalam menjelajah keseluruhan isi blog harus menjadi perhatian utama bloger. Komponen yang terpikir oleh saya untuk keperluan ini ialah mesin pencari (search engine), daftar isi blog (arsip blog, menu, tab view, label), related posts, dan read more. Yang sudah ada baru mesin pencari dan menu pulldown.

Dalam memilih alat, selain dengan pertimbangan kemudahan bagi pembaca, saya juga mempertimbangkan kemudahan dalam cara mengeditnya. Idealnya dari menu pulldown bisa diklik langsung ke artikel, tapi lumayan ribet jika setiap posting artikel harus edit html di halaman utama (bener gak ya pemahaman saya ?). Paling mungkin adalah dibuatkan halaman daftar isi tersendiri untuk tiap kategori yang dicantumkan di menu. Nantinya pembaca akan mencari dulu kategori artikel yang diinginkan, barulah melihat keseluruhan artikel di dalam kategori tersebut. Sama saja dengan membuat halaman label pada akhirnya. Yah, ada plus minusnya.

Untuk pembaca yang ingin terjun langsung ke artikel, saya berencana membuat daftar isi dalam bentuk tabview. Dibuat per kategori. Kombinasi mesin pencari, menu, dan tabview rasanya sudah cukup mengakomodasi kepentingan pembaca dalam mencari artikel yang diinginkan. Wualah... artikelnya aja belum ada, sudah repot duluan. Tapi, itulah namanya rencana.

Membuat sarana ’related posts’ sangat membantu pembaca dalam mencari artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibacanya. Script dari related posts menghubungkan artikel yang berlabel sama. Dengan demikian kita harus memberi label yang sama pada postingan berkategori sama, atau pada postingan yang kita anggap saling berkaitan.

Yang harus dilakukan dahulu sebelum artikelnya keburu banyak adalah membuat readmore. Sarana ini menampilkan paragraf awal dari tiap artikel/postingan. Karena ditampilkan di halaman muka, sarana ini sangat membantu pembaca memperoleh gambaran awal isi artikel, dalam rangka memilih atau mencari informasi yang dibutuhkan. Dalam blog ini, kata ’readmore’ saya ganti dengan kata ’selengkapnya’.

Lengkaplah sudah alat navigasi di blog ini. Ada mesin pencari, ada pulldown menu, ada tabview, ada related posts, dan ada readmore. Tinggal keliling blog untuk belajar cara membuatnya.


Artikel Yang Berhubungan



Comments :

0 komentar to “Cara Membuat Navigasi Dalam Blog”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Cara Belajar Membuat