Minggu, 22 November 2009

Belajar Cara Membenahi Blog

Keinginan membuat dan menghidupkan blog ini muncul ketika melihat template magazine di blognya Kang Rohman. Saya kepincut. Setelah mengunduh satu (nuhun, Kang Rohman…) dan memasangnya, wah ternyata masih banyak pe er untuk menatanya agar sesuai keinginan. Padahal keinginan saya saja belum jelas, masih ditimbang-timbang akan seperti apa nantinya dan kira-kira masih butuh kelengkapan apa saja. Dan cara membuat kelengkapannya juga masih harus keliling blog, belajar dari sana-sini.

Meskipun masih dalam taraf belajar, saya mencoba memperkirakan hal apa saja yang seyogyanya dipertimbangkan saat membuat atau melengkapi suatu blog. Entah benar entah tidak, yang jelas apa yang saya akan lakukan selanjutnya terhadap blog ini didasari beberapa pemikiran berikut.

Panduan mencari informasi.
Blog harus memiliki sarana bagi pembaca untuk mencari informasi yang diinginkan. Bisa berupa menu, daftar isi, atau yang lainnya.

Hubungan sosial.
Punya blog ibarat punya rumah, yang memiliki lingkungan sosial dan perlu dijalin tali silaturahimnya. Caranya bisa dengan membuat buku tamu, tempat berkomentar, dan sebagainya.

Evaluasi dan Pengendalian.
Diperlukan untuk memantau kinerja blog, seberapa banyak dikunjungi dan disukai pembaca. Ada banyak statistik meter yang katanya bisa digunakan. Perlu dipelajari beberapa jenis yang ada, bagaimana karakteristiknya, serta cara membuat dan memasangnya di blog.

Isi blog.
Pada akhirnya menarik atau tidaknya suatu blog tergantung kepada isi blog tersebut. Di dalamnya berhubungan dengan kesesuaian informasi yang disajikan dengan segmen pembaca yang dituju, kemampuan menulis, dan tentunya kerajinan menulis. Jadi perlu juga belajar lagi cara menulis yang baik dan benar. Eh, jadi ingat pelajaran mengarang waktu sekolah dulu.

Lain-lain.
Bila disebut lain-lain, bukan berarti fungsinya tidak penting. Pada beberapa blog bahkan bisa dianggap sangat penting. Saya kategorikan lain-lain karena saya memang tidak paham. Coba nih simak kata-kata seperti SEO, monetize blog, adsense, dan entah apa lagi. Begitu juga ada beberapa aksesoris tambahan yang kadang saya lihat menghias beberapa blog. Belum tahu darimana mengambilnya.

Itu dulu deh ! Nanti disambung uraian yang lebih rinci dan cara membuatnya. Perlu keliling lagi neh...!


Artikel Yang Berhubungan



Comments :

0 komentar to “Belajar Cara Membenahi Blog”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Cara Belajar Membuat